05 Januari 2015

Deteksi Dini Kanker

Saat menyadari adanya benjolan pada payudara, saya berencana memeriksakan diri ke Yayasan Kanker Indonesia di Lebak Bulus. Saat itu, saya langsung mendaftar untuk USG payudara dan papsmear. Biaya untuk kedua pemeriksaan tergolong lebih murah dibandingkan di rumah sakit. Namun demikian, hasil pemeriksaan baru dapat diambil setelah 2 minggu sejak tanggal periksa dan untuk USG payudara belum tentu bisa dijadwalkan tiap harinya, tergantung dari ada atau tidaknya dokter yang bertugas. Ketika saya ke YKI, ternyata USG payudara baru dapat dilakukan esok hari dan mendapat giliran pukul 17.00. Oleh karena itu, saya putuskan untuk memeriksakan diri RS Dharmais pada hari yang sama.

Ada paket khusus yang dinamakan Deteksi Dini Kanker untuk pemeriksaan berbagai jenis kanker di rumah sakit tersebut dengan biaya yang cukup terjangkau. Pada hari saya memeriksakan diri, sedang ada penurunan harga, sehingga saya hanya cukup membayar sebesar Rp. 270.000,- (dari sebelumnya Rp. 300.000,-).

Biaya Paket Deteksi Dini Kanker RS. Dharmais


Hal-hal yang perlu diperhatikan untuk Deteksi Dini Kanker di RS Dharmais adalah :
  1. Pendaftaran dari hari Senin - Jumat pukul 08.00-14.00.
  2. Pendaftaran dilakukan di lobi (lantai 1) di bagian pendaftaran pasien baru rawat jalan. Bagi pasien baru, maka harus mengisi biodata untuk pembuatan kartu pasien. Untuk pasien lama hanya menunjukkan kartu pasien atau dengan menyebutkan nomor rekam medis, nama, alamat, dan tanggal lahir.
  3. Beritahu bagian pendaftaran bahwa ingin melakukan pemeriksaan di deteksi dini kanker.
  4. Setelah selesai pendaftaran, petugas akan mengarahkan untuk menuju ke Instalasi Deteksi Dini (lantai basement).
  5. Daftar paket deteksi dini sesuai jenis kanker, lalu petugas akan berikan billing pembayaran.
  6. Pembayaran dilakukan di kasir basement.
  7. Perawat akan menganamnesa riwayat kesehatan dan faktor risiko kanker yang terdapat pada diri pasien.
  8. Setelah berganti pakaian, dokter akan memeriksa fisik pasien. Untuk deteksi kanker payudara biasanya dokter melakukan SADARI.
  9. Akan dilakukan pemeriksaan radiodiagnostik sesuai dengan paket deteksi dini kanker yang dipilih. Untuk pemeriksaan payudara, dilakukan USG payudara (untuk wanita usia s.d. 35 tahun) atau mamografi (usia di atas 35 tahun).
  10. Setelah itu pasien langsung bisa pulang setelah pemeriksaan radiodiagnostik selesai. Hasil bisa diambil setelah 2 hari kerja.
  11. Jika terdapat kelainan dari hasil pemeriksaan diagnostik, maka pasien akan direferensikan ke dokter spesialis onkologi dengan biaya free konsultasi pertama.
Keterangan lebih lanjut mengenai paket Deteksi Dini Kanker di RS Dharmais, dapat dilihat di sini.

2 komentar :

  1. Kanker menjadi penyakit yang paling menakutkan.
    Maka dari itu, kita harus tahu ciri-cirinya.Semoga kita semua bisa terhindar dari penyakit ini ya..

    BalasHapus
  2. Hallo, terima kasih untuk tulisannya yg informatif.
    Apakah pemeriksaan USG tersebut selalu di hari kita mendaftar atau bisa saja d hari lainnya ?
    Terima kasih

    BalasHapus