17 Januari 2015

Makanan dan minuman beralkali

Assalamualaikum wr wb.
Melanjuti tulisan sebelumnya tentang diet alkali, saya akah share mengenai makanan dan minuman yang dapat dikonsumsi untuk mendukung diet alkali, terutama bagi penderita kanker seperti saya. Ternyata tidak semua sayur dan buah bersifat alkali dan dapat dikonsumsi oleh pendertia kanker, sehingga saya harus belajar mengenai sifat asam/basa yang terkandung dalam buah dan sayur tersebut. Jangan sampai, sudah makan banyak buah/sayur tertentu (dan mungkin saja mahal harganya), tetapi tidak memberikan manfaat atau malah menyuburkan sel-sel kanker yang hidup di tubuh saya. Di bawah ini adalah tabel asam/basa dilihat dari jenis makanan.

Kategori makanan asam-alkali

Tabel tersebut di atas masih butuh pengayaan konten karena masih banyak jenis-jenis makanan terutama buah dan sayur tradisional yang tumbuh di negeri ini dan dikonsumsi oleh mayoritas orang Indonesia, namun belum ada di tabel. Silahkan kalau ada yang paham mengenai asam/basa pangan tradisional Indonesia dapat menambahkan melalui komentar di bawah ini.

Untuk minuman alkali, selain yang terdapat dalam tabel, saya pun sehari-harinya minum air putih beralkali yang dijual kemasan seperti Milagros, Kangen Water, atau air minum yang disaring pada teko atau botol yang dapat mengubah air minum biasa menjadi air alkali. Mengenai perbedaan masing-masing air tersebut akan saya sampaikan lain waktu.

Tidak ada komentar :

Posting Komentar